Kamis, 14 Maret 2019

Metode Penalitian Kualitatif ( Grounded Theory )




Grounded Theory adalah sebuah pendekatan yang refleksif dan terbuka, di mana pengumpulan data, pengembangan data, pengembangan konsep teorities, dan ulasan literature berlangsung dalam proses siklis- berkelanjutan.
Ungkapan grounded theory merujuk pada teori yang dibangun secara induktif dari satu kumpulan data bila dilakukan dengan baik. Maka teori yang dihasilkan akan sangat sesuai dengan kumpulan data tadi.
Pendekatan grounded theory memungkinkan peneliti melakukan riset prosessual, yaitu riset yang berfokus pada “rangkaian peristiwa, tindakan, dan aktivitas individual maupun kolektif yang berkembang dari waktu ke waktu dalam konteks tertentu.
Grounded theory berguna dalam situasi-situasi ketika sedikit sekali yang diketahui tentang topic atau fenomena tertentu, atau ketika diperlukan pendekatan baru untuk latar-latar yang sudah dikenal. Pada umumnya, tujuan grounded theory adalah membangun teori baru, walaupun sering juga digunakan untuk memperluas atau memodifikasi teori yang ada. Sebagai contoh, peneliti bisa mengembangkan grounded theory peneliti sendiri, atau grounded peneliti lain. dengan meninjau kembali data yang sama dengan pertanyaan dan interprestasi yang berbeda.

Pelaksanaan penelitian Grounded bertolak belakang dengan layaknya penelitian pada umumnya kalau penelitian umumnya diawali dengan desain tertentu, namun grounded theory tidak demikian. Peneliti langsung kelapangan, semuanya dilaksanakan dilapangan. Rumusan masalah ditemukan dilapangan, hipotesis senantiasa jatuh bangun ditempa data. Data merupakan sumber teori, teori berdasarkan data,s ehingga teori juga lahir dan berkembang dilapangan.
Proses pengumpulan data itu dilaksanakan dengan mengunakan dua metode, yaitu observasi dan wawancara mendalam (depth interview). Bentuk data yang paling sering digunakan peneliti adalah hasil wawancara karena data seperti ini lebih mampu mengungkapkan pengalaman responden dalam kata-kata mereka sendiri.
Kegiatan pengumpulan data dalam penelitian Grounded Theory berlangsung secara bertahap dan dalam rentang waktu yang relatif lama. Proses pengambilan sampel juga berlangsung secara terus menerus ketika kegiatan pengumpulan data. Jumlah sampel bisa terus bertambah sejalan dengan pertambahan jumlah data yang dibutuhkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Creativepreneur Millennials Bersama All New Ertiga Suzuki Sport

Palembang, 24 Maret 2019 bertepat di Palembang Indah Mall diadakan Talk Show dengan Bintang Tamu pembica Elysa Dian Thamrin selaku Di...